FORUM PULSA MANTAP

Bisnis pulsa all operator matrix spillover harga bersaing dengan system yang unik


You are not connected. Please login or register

Cara Promosi Efektif Dengan Blog

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1 Cara Promosi Efektif Dengan Blog on Wed Sep 19, 2012 7:42 pm

Definisi Cara Promosi Efektif
Apa yang dimaksud dengan cara promosi yang efektif?
Apakah murah? Atau cara promosi yang menggunakan media besar dimana media tersebut sudah memiliki jangkauan yang luas?
Tentu saja bukan itu, yang dimaksud cara promosi efektif adalah memberikan hasil sesuai dengan tujuan Anda. Anda tidak akan pernah tahu apakah cara promosi Anda efektif atau tidak jika Anda tidak menetapkan tujuan promosi sebelumnya.
Cara Promosi Efektif Dimulai Dengan Tujuan

Apa tujuan promosi Anda?
Menjual? Ya, tentu saja. Menjual adalah tujuan akhir dari semua aktivitas pemasaran. Promosi adalah bagian dari usaha pemasaran. Promosi adalah mengkomunikasikan produk dan jasa kita kepada pasar dengan berbagai tujuan. Promosi akan memiliki tujuan-tujuan yang spesifik pada salah satu tahapan pemasaran. Berikut berbagai tujuan promosi yang bisa dilakukan. Pemahaman akan tujuan promosi yang spesifik akan membantu kita mengatahui cara promosi yang efektif.

Branding
Artinya promosi dilakukan untuk mengenalkan brand Anda kepada pasar. Tujuannya agar pasar mengenal brand Anda dan mewakili produk apa dan yang bagaimana. Tidak terjadi penjualan langsung, sebab tujuannya hanya mengenalkannya. Apakah bisa efektif? Kenapa tidak? Saat ini banyak bisnis yang mengeluarkan biaya banyak untuk promosi yang bertujuan hanya untuk branding. Mereka melakukannya terus-menerus sebab memang memberikan hasil.

Setelah pasar mengenal brand Anda, tidak cukup sampai disana. Karena banyak brand-brand lain, maka Anda perlu terus mengingatkan pasar tentang brand Anda. Itulah kenapa perusahaan besar terus-menerus melakukan promosi meski brand mereka sudah dikenal.

Membedakan Diri
Setelah pasar mengenal brand Anda, maka Anda pun harus bisa memberitahu pasar bahwa brand Anda berbeda dengan brand lainnya agar memberikan alasan yang cukup untuk membeli produk atau jasa Anda. Apa bedanya Honda dan Yamaha? Ya, banyak orang yang mengetahui perbedaanya dari cara promosi kedua brand tersebut.

Menjual Langsung
Ada juga promosi yang memang tujuannya langsung menjual, artinya dalam promosi tersebut memang tujuannya agar pasar langsung bertindak untuk mendapatkan produk atau jasa kita.

Lead Generation
Promosi juga berfungsi untuk mendapatkan kontak pasar tertentu (lead) untuk ditindak lanjuti. Tidak membangun brand, tidak juga menjual, tetapi menangkap orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap produk atau jasa kita.
Tujuan ini tentu dipilih sesuai dengan kondisi bisnis Anda.

Cara Promosi Sesuai Dengan Tujuan Anda
Setelah Anda mengetahui tujuan promosi Anda, maka Anda bisa merancang cara promosi yang paling sesuai. Setiap tujuan promosi akan memiliki cara promosi yang berbeda. Kesesuaian tujuan dan cara promosi akan meningkatkan efektivitas promosi Anda.

Cara Promosi dengan Blog
Salah satu keunggulan blog adalah bisa melakukan berbagai tujuan promosi diatas sekaligus. Anda bisa merencanakan konten blog Anda untuk masing-masing tujuan diatas dalam satu blog.</p>

Perencanaan Konten

Branding
Buatlah konten yang menyebutkan nama dan dikaitkan dengan positioning tertentu. Sederhananya ialah siapa nama Anda dan apa yang Anda lakukan. Rencanakan konten seperti ini dan terbitkan secara berkala.

Membedakan Diri
<p>Begitu juga, melalui blog Anda memiliki kesempatan untuk menunjukan perbedaan produk dan jasa Anda. Silahkan tulis konten-konten yang menunjukan bahwa produk atau jasa Anda memang berbeda dengan produk lain.

Menjual
Ada dua cara menjual, yang pertama dengan soft selling dan hard selling. Mana yang lebih efektif? Kombinasi tepat keduanya akan memberikan hasil yang efektif. Orang yang datang ke blog Anda memiliki tingkat kesadaran yang berbeda terhadap produk dan jasa Anda. Bagi yang sudah tahu dan memang membutuhkannya, maka Anda bisa langsung menjual. Namun bagi yang belum menyadari kebutuhan, belum mengenal bisnis Anda, dan belum mengenal solusi, maka harus ada pre-selling dan soft selling.

Lead Generation
Blog Anda bisa dilengkapi dengan alat yang bisa menangkap kontak. Sederhana saja, bisa nomor kontak Anda, pendaftaran email, ajakan bergabung di social network, dan sebagainya. Intinya ialah bagaimana agar Anda bisa mengontak pengunjung blog Anda.

Menjangkau Pasar Yang Luas
Namun cara promosi diatas tidak akan efektif jika blog Anda sepi pengunjung. Selain Anda merencanakan konten untuk tujuan promosi Anda, Anda juga harus melakukan sebuah upaya agar blog Anda ramai pengunjungnya. Bagaimana caranya? Ada banyak cara, tetapi yang paling efektif adalah melalui optimasi mesin pencari atau dikenal dengan search engine optimization (SEO).

SEO adalah bagaimana mengatur struktur blog dan kontennya agar dicatat oleh search engine sesuai dengan keinginan Anda. Tujuannya tiada lain ialah agar blog Anda ditemukan oleh orang-orang yang mencari produk atau jasa Anda. Jadi, cara promosi yang efektif melalui blog jangan melupakan SEO.

Lihat profil user http://pulsamantap.com/?id=founder

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik